Kesehatan

Pengertian Candidiasis dan Jenisnya

Beragam gangguan kesehatan akibat infeksi jamur bisa dipastikan memberi banyak gejala hingga dampak dari paling ringan sampai serius. Candidiasis seringkali identik dengan infeksi jamur Candida sehingga dalam kondisi tertentu penderitanya akan mengalami penurunan fungsi dan sistem imun kurang maksimal. Banyak pakar menjelaskan seputar pengertian candidiasis tersebut, sehingga ada sejumlah potensi berbeda yang sekarang ini bisa langsung dicermati sebagai satu model untuk menghindarinya.

Selain dari gejala yang masih cukup sulit diidentifikasi, ternyata pada sisi pengertiannya sendiri masyarakat harus bisa mengerti sejak dini. Angka dari kejadian candidiasis ini terbilang cukup tinggi di beberapa daerah. Karena itulah faktor kebersihan jadi poin penting agar penyakit candidiasis ini tidak berkembang.

Pengertian Candidiasis

Candiasiasi ini memang belum terlalu populer di masyarakat, namun dari berbagai dampak buruknya bisa saja menjangkit siapa saja jika daya tahan tubuh seseorang menurun. Pada pengertiannya, Candidiasis ini adalah sebuah infeksi jamur yang masih erat kaitannya dengan daya tahan tubuh seseorang.

Kemudian infeksi bakteri dan jamur Candida ini menjadi salah satu jamur yang bisa ditemukan di setiap orang dalam jumlah kecil. Biasanya bagian kulit menjadi satu komponen yang sering mengalami perubahan hingga akhirnya sistem imun tubuh akan berperan penting dalam mencegah candida berkembang lebih cepat.

Sistem imun di dalam kulit akan mencegah pertumbuhan jamur lebih lanjut, bahkan bisa memberi penyakit jika daya tahan tubuh seseorang tidak maksimal. Rata-rata terjadi luka di area kulit yang terinfeksi jamur candida ini sehingga harus ada sistem pertahanan tubuh lebih kuat agar tidak menyebar ke area kulit lainnya.

Jenis Candidiasis

Setelah mencermati pengertian candidiasis, maka dari sisi jenisnya juga ada beberapa yang masih sering terjadi di masyarakat. Berikut ini ada beberapa jenis candidiasis yang harus diwaspadai dan cepat mendapat penanganan.

Oral Candidiasis

Pada jenis candidiasis pertama yakni versi oral yang mana sering ditemukan pada usia balita, kemudian pasien kemoterapi, usia lanjut, hingga penderita HIV./AIDS. Seperti pada umumnya, terjadinya oral candidiasis ini akibat penurunan daya tahan tubuh.

Penderita oral candidiasis ini akan sering menggunakan inhaler golongan steroid dan juga beresiko memiliki tanda berupa bercak-bercak putih di rongga mulut hingga lidah dan juga memberi tanpa berupa kemerahan pada mukosa mulut.

Vaginal Candidiasis

Berikutnya ada jenis vaginal candidiasis yang mana seringkali terjadi pada alat kelamin wanita. Meskipun ada potensi terkena candidiasis pada kalangan pria, namun angka lebih tinggi terjadi pada wanita.

Melihat pengertian candidiasis sebagai infeksi jamur, maka pada jenis vagina candidiasis ini sering disebut dengan vaginitis. Ada faktor penyebab kenapa infeksi jamur candida ini bisa muncul pada wanita yakni akibat penggunaan obat antibiotik, obat golongan steroid, dan juga penggunaan pil KB. Gejala umum dari vaginal candidiasis ini adalah rasa gatal di sekitar vagina, kemudian disertai rasa nyeri dan juga terlihat berwarna kemerahan.

Diaper Rash

Diaper rash ataupun sering disebut sebagai ruam popok juga sering terjadi pada usia bayi. Rata-rata kasus dari diaper rash ini disebabkan oleh penggunaan popok yang terlalu lembab ataupun tidak bersih.

Candida dalam versi diaper rash ini terlihat seperti bercak-bercak kemerahan di daerah tertutup popok. Ditambah lagi gejalanya seperti munculnya ruam merah kemudian harus ada penanganan dengan cara mengoleskan krim antijamur.Mencermati pengertian candidiasis akan selalu memberi pengalaman bagi masyarakat akan pentingnya mencermati bagaimana cara pencegahannya sekaligus penanganannya secara tepat dan cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *