Kesehatan

Pastikanlah Anda Mengenal Mata Katarak!!

Dari sekian banyak penyakit yang menjangkit masyarakat Indonesia, mata katarak merupakan penyakit yang paling banyak diderita. Penyakit katarak ini sejatinya penyakit yang menyerang lensa mata sehingga proses penglihatan pun menjadi keruh atau terganggu. Penyakit ini bisa menjangkit setiap orang tanpa pandang bulu, terutama orang tua yang telah uzur atau yang telah berusia lanjut. Orang tua yang berusia lanjut rawan terkena katarak karenan berbagai macam hal, dari mulai kondisi mata yang mulai berkurang fungsinya, adanya penyakit lain seperti diabetes, glaukoma, stroke dan lain sebagainya. Meskipun sering menjangkit banyak orang tua yang berusia lanjut, penyakit ini pun sering menjangkiti anak-anak atau balita yang baru lahir. Hal itu terjadi karena adanya kelainan kromosom pada bayi yang disebabkan faktor turunan dari orang tua. Pada usia bayi, katarak yang terjadi berupa titik yang kecil. Tapi, seiring bertambahnya pertumbuhan anak, mata katarak pun tumbuh pula hingga masa remaja. Sangat penting mengenali mata katarak sejak dini, baik itu untuk orang tua maupun anak-anak. Hal itu untuk memudahkan penanganan dan pemberian obat mata katarak yang efektif dan efisien.

Selain faktor umur, mata katarak pun bisa didukung beberapa faktor sehingga mempermudah untuk terjadi mata katarak, diantaranya: diabetes, glaukoma, rokok atau pola hidup tidak sehat, kurangnya vitamin dan antioksidan serta banyak hal lainnya. Faktor pendukung inilah yang bisa diantisipasi agar mata katarak tidak tumbuh atau bahkan hilang sama sekali. Adapun, untuk proses penyembuhannya bisa dilakukan dengan mengkomunikasikannya pada tenaga ahli seperti dokter spesialis, mengkonsumsi obat mata katarak baik itu yang berbahan alami atau bukan, menjaga pola hidup dan aktivitas yang bisa merusak mata dan lain sebagainya.

Ancaman mata katarak bagi masyarakat Indonesia sangatlah tinggi sekali. Hal ini tidak terlepas dari banyaknya kasus yang terjadi sehingga mata katarak merupakan salah satu penyakit yang paling banyak dialami oleh masyarakat Indonesia. Pengenalan dan sosialisasi mengenai mata katarak sangat penting agar masyarakat Indonesia semakin mengerti dan bisa mencegah atau bahkan mengobatinya dengan tuntas.