Kesehatan

Tips Menaikkan Trombosit secara Alami

Obat demam berdarah anak untuk saat ini memang belum ada, akan tetapi masih terdapat banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi demam berdarah pada anak. Salah satu cara tersebut adalah dengan memberikan asupan nutrisi yang dapat membantu meningkatkan jumlah trombosit dalam tubuh. Hal ini dikarenakan penderita demam berdarah pada umumnya mengalami penurunan jumlah trombosit.

Penurunan kadar jumlah trombosit dalam tubuh dapat menyebabkan berbagai macam hal seperti anemia, pusing, pendarahan, penurunan kekebalan tubuh, dan bahkan menyebabkan komplikasi. Oleh karena itu, menambah jumlah dan kadar trombosit dalam tubuh sangat diperlukan bagi penderita demam berdarah. Berikut ini merupakan cara untuk menambah jumlah trombosit dalam tubuh.

Cara Menaikkan Jumlah Trombosit Dalam Tubuh

1. Mengonsumsi Makanan Sehat

Cara yang pertama untuk menaikkan kadar trombosit dalam tubuh adalah dengan mengonsumsi makanan yang sehat. Makanan sehat tersebut bisa berupa sayuran dan juga buah-buahan segar. Berbagai vitamin dan juga kandungan mineral pada buah dan sayur dapat membantu proses produksi trombosit pada tubuh sehingga kadar trombosit dapat meningkat.

2. Minum Air Hangat

Cara berikutnya adalah dengan mengonsumsi air hangat. Sel-sel darah merupakan zat yang terbuat dari protein dan air. Dengan kata lain, mengonsumsi air dalam jumlah yang banyak dapat membantu meningkatkan sel darah dan trombosit dalam tubuh. Selain itu, dengan mengonsumsi air dalam jumlah banyak juga dapat mencegah penderita DBD mengalami dehidrasi.

3. Memenuhi Kebutuhan Vitamin Tubuh

Cara untuk meningkatkan trombosit pada demam berdarah berikutnya dapat dilakukan dengan cara memenuhi vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Salah satu vitamin yang dapat membantu meningkatkan trombosit adalah vitamin B12 dan asam folat. Vitamin B12 dan asam folat dapat ditemukan di antaranya pada kacang kering, susu, keju, hati, bayam, dan juga daging kambing.

4. Cukup Istirahat

Cara yang terakhir adalah dengan beristirahat. Dengan beristirahat yang cukup setidaknya 7-8 jam pada setiap malamnya dapat membantu meningkatkan produksi trombosit dalam tubuh. Selain itu dengan beristirahat juga dapat membantu proses penyembuhan penderita demam berdarah menjadi lebih cepat dan juga optimal karena tubuh tidak terbebani aktivitas yang berat.