Kesehatan

Osteoarthritis, Teman di Usia Senja

Osteoartritis adalah suatu kondisi di mana persendian terasa sakit, kaku dan bengkak. Osteoartritis adalah salah satu bentuk artritis yang paling umum. Sendi yang biasanya mengalami kondisi ini termasuk tangan, lutut, pinggul, dan tulang belakang. Tetapi itu tidak mengecualikan bahwa tautan lain juga dapat diserang.

Dalam kasus osteoarthritis, tulang rawan perlahan-lahan rusak. Tulang rawan sendiri adalah jaringan ikat yang padat, halus, dan elastis. Jaringan ini menutupi ujung tulang sendi untuk melindungi dari gesekan ketika ada gerakan. Ketika tulang rawan rusak, tekstur halus menjadi kasar. Seiring waktu, tulang bertabrakan dan persendian menjadi terpengaruh.

Gejala osteoartritis umumnya berkembang perlahan dan memburuk dari waktu ke waktu. Tingkat keparahan gejala dan lokasi serangan dapat bervariasi dari pasien ke pasien. Nyeri dan kekakuan sendi adalah gejala osteoartritis yang paling penting. Gejala-gejala ini bahkan dapat menyulitkan pasien untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Nyeri atau nyeri pada persendian biasanya akan muncul ketika persendian digerakkan dan perasaan kaku akan terasa ketika persendian belum digerakkan selama beberapa waktu, seperti saat Anda bangun di pagi hari.

Jika pasien menderita osteoartritis pada tangan, mungkin ada gejala syok dan pembengkakan di sekitar jari. Dalam beberapa kasus jari-jari terlihat bengkok dan penyok muncul di belakangnya. Gejala-gejala ini dapat sering terjadi atau terjadi terus menerus. Perulangan ini dapat dipengaruhi oleh jenis kegiatan yang dilakukan dan cuaca.