Kesehatan

MPASI Paling Bagus Untuk Bayi

Berikut ini beberapa buah yang baik untuk bayi. Buah-buahan merupakan salah satu makanan sehat yang memiliki banyak nutrisi dan baik untuk bayi. Ada beberapa buah yang baik untuk bayi seperti berikut ini. Yang pertama adalah pisang, Selain manis, pisang juga mengandung nutrisi yang baik. Anda dapat memberikan makanan padat pada si kecil saat usianya enam bulan. Salah satu buah yang sering dijadikan makanan MPASI terbaik yaitu pisang. Pisang memiliki tekstur yang halus dan lembut, sehingga si kecil tidak akan sulit dalam mencerna buah yang satu ini. Anda dapat memilih pisang emas, pisang susu da pisang ambon. Pastikan anda memilih pisang dengan kematangan sempurna untuk diberikan pada si kecil. ASI adalah salah satu makanan pertama dan utama bayi sebelum ia mendapatkan makanan pendamping ASI. Air susu ibu menjadi sumber gizi terbaik bagi bayi. Setelah si kecil menginjak usia 6 bulan, maka kebutuhan nutrisi si kecil sudah mulai beragam. Maka anda sudah bisa memberikan makanan pendamping ASI. Makanan yang diberikan tentu bukanlah makanan sembarangan. Anda harus memberikan makanan bergizi, sehat dan tentunya mudah dicerna oleh si kecil. Salah satu makanan sehat untuk bayi yaitu buah-buahan.

Buah yang baik untuk bayi selanjutnya yaitu buah alpukat. Buah dengan daging berwarna hijau ini memiliki tekstur yang lembut dengan rasa yang khas. Alpukat merupakan sumber lemak tak jenuh dan mengandung vitamin E. Buah kiwi mengandung tinggi vitamin C dan vitamin A. Hanya saja, sifat asam yang dimiliki buah kiwi terkadang dapat menyebabkan ruam pada mulut atau ruam popok. Karena seperti itu, penting untuk berhati-hati saat anda memberikan buah ini pada bayi. Cobalah untuk perhatikan apakah ada tanda-tanda alergi atau tidak. Jika terlihat tanda alergi sebaiknya hentikan pemberian MPASI ini. Dalam buah apel terkandung banyak gizi seperti kalsium, kalium, fosfor, vitamin A, magnesium, mineral dan vitamin C yang baik untuk pertumbuhan anak. Buah apel mudah dicerna serta tidak akan menyebabkan alergi pada bayi. Sebaiknya berikan apel pada si kecil saat ia sudah dikenalkan pada makanan pendamping ASI, yakni saat usianya minimal 6 bulan.

Rasanya yang manis, dengan tekstur yang lembut dan warnanya cantik membuat buah yang satu ini banyak disukai. Buah pepaya juga mengandung tinggi folat, vitamin A, vitamin E, vitamin C dan serat. Dalam buah pepaya terkandung serat, serta papin yang baik untuk pencernaan bayi. Karena seperti itu, buah ini sering dijadikan sebagai obat alami untuk mengobati sembelit. Tekstur menu makanan MPASI ini disesuaikan dengan perkembangan sistem persarafan dan oro-motorik bayi. Di atas sudah admin sampaikan tentang kekosongan suplai energi dan zat gizi juga ukuran lambung yang kecil. Menjadikan kita hanya bisa memberikan makanan dalam jumlah sedikit namun frekuensi sering, juga sebaiknya yang mudah dicerna. Pemilihan tekstur menu makanan MPASI ini disesuaikan juga dengan proses pencernaan makanan. Proses pencernaan makanan ada dua tahap, yaitu pencernaan mekanik oleh kegiatan oro-motorik gigi-geligi dan pencernaan kimiawi oleh reaksi enzimatik enzim pemecah makanan. Reaksi enzimatik akan sempurna jika luas permukaan sentuh antar-partikel makin efisien, sehingga ukuran partikel bahan makanan yang tertelan sebaiknya sudah kecil.

Bayi umur 5 bulan baru belajar menggerakkan sendi rahangnya dan makin kuat refleks hisapnya. Usia bayi7 bulan bisa membersihkan sendok menggunakan bibirnya. Bayi pada usia ini bisa menggerakkan sendi rahang naik-turun juga gigi masih sedikit pun biasanya baru punya gigi seri yang bertugas memotong bukan menggilas makanan, sehingga proses mengunyah dan hasil partikel kunyahan masih kasar. Mulai umur 8 bulan bayi telah mampu menggerakkan lidah ke samping dan mendorong MPASI ke gigi-geliginya, makin stabil menjaga keseimbangan dan memegang sehingga dia sudah bisa menerima makanan finger food.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *