merawat-pantai-di-banyuwangi
Review

Merawat Pantai di Banyuwangi

Komitmen PT Pertamina (Persero) perlu diberi apresiasi setinggi-tingginya karena telah berpartisipasi dalam memperhatikan masalah lingkungan sosial. PT Pertamina (Persero) memberikan kontribusi positif dalam menjaga kondisi lingkungan yang ada di Banyuwangi. Kegiatan yang dilakukan adalah bersih pantai yang dikomandoi bersama oleh beberapa elemen yang terlibat dalam acara tersebut. Diantaranya pihak yang terlibat adalah, PT Pertamina, SKPD, Masyarakat, Nelayan, Pelajar, dan aparat pemerintahan yang lain. Total seluruh partisipan yang ada ialah 500 orang. Kegiatan ini memberikan sebuah pengertian kepada semua masyarakat bahwa sangat pentingnya menjaga alam pantai di wilayah Indonesia. Kebersihan pantai merupakan tanggung jawab bersama dalam mewujudkannya. Kegiatan yang dimotori oleh PT Pertamina (Persero) ini ingin memberikan simbolisasi kepada seluruh masyarakat Indonesia akan pentingnya mejaga dan merawat lingkungan pantai di Indonesia. Kegiatan bersih pantai di Banyuwangi ini merupakan wujud kecintaan PT Pertamina (Persero) dalam mengembangkan keindahan pantai-pantai di Indonesia.

PT Pertamina (Persero) menjalankan program bersih pantai di Banyuwangi yang dilakukan di pantai grand watu dodol. Pantai ini merupakan salah satu objek wisata yang ada di Banyuwangi dan masih memiliki kondisi yang natural. Keindahan pantainya sangat luar biasa sehingga sangat penting jika mendapat perawatan secara intensif. PT Pertamina (Persero) melakukan kegiatan ini dalam rangka memperingati HUT perusahaan yang ke 59. Beberapa hal yang dilakukan oleh PT Pertamina (Persero) dalam acara ulang tahunnya itu. Dalam menjalankan kegiatan bersih pantai itu perusahaan ini sebetulnya ingin memberikan kontribusi lebih dan mengajak masyarakat untuk berperan aktif dalam melestarikan potensi alam pantai di Indonesia. Maka banyak sekali masyarakat dan beberapa lembaga pemerintahan di Banyuwangi yang mengapresiasi langkah-langkah PT Pertamina (Persero) dalam menjalankan programnya tersebut. Program yang dilakukan tersebut adalah bina sosial dan bina lingkungan di daerah-daerah. Sebagai perusahan ternama di Indonesia tentunya langkah PT Pertamina (Persero) ini adalah sebuah langkah konkret yang memberikan stimulus kepada seluruh komponen masyarakat untuk menontohnya.

PT Pertamina (Persero) dalam kegiatan ini melakukan hal-hal yang sangat kontributif dalam meningkatkan dan menjaga kondisi alam yang berupa pantai di Banyuwangi. Beberapa hal yang dilakukannya adalah memberikan santunan kepada 59 anak yatim, melakukan pelepasan 59 ekor tukik di pantai watu dodol. Angka tersebut merupakan sebuah wujud simbolisasi bahwa PT Pertamina (Persero) baru melakukan HUT yang ke 59. Peran serta masyarakat dan pemerintah dalam acara ini menjadi pelengkap dan penyempurna dalam kegiatan ini. Atusiasme masyarakat di Banyuwangi adalah sebagai wujud kepedulian dan kebersamaan bersama dalam menjaga lingkungan di daerah ini. Kedepan, jika agenda-agenda seperti ini masih rutin dilakukan akan memberikan kontribusi positi dalam memajukan pantai di Banyuwangi.