Wisata

Meninggalkan Mobil di Rumah Saat Mudik? Lakukanlah 4 Hal Berikut!

Sebagian besar masyarakat Indonesia memilih beberapa hari sebelum lebaran sebagai waktu yang tepat untuk pergi mudik ke kampung halaman. Ada beberapa hal yang perlu Kamu perhatikan sebelum hari keberangkatan di antaranya memeriksa keamanan rumah serta memeriksa keamanan kendaraan pribadi jika Kamu berencana untuk meninggalkannya di rumah. Selama pergi ke kampung halaman Kamu juga perlu memperhatikan keamanan serta memastikan bahwa mobilmu dalam kondisi yang baik meskipun ditinggal selama berhari-hari. Agar mobil dapat tetap aman dan berfungsi dengan baik meskipun ditinggal mudik dalam waktu yang cukup lama, lakukanlah empat hal berikut ini.

  1. Asuransikan mobilmu

Banyak kemungkinan buruk yang bisa saja terjadi pada mobilmu selama perjalanan mudik. Oleh karena itu tidak ada salahnya jika kamu mendaftarkannya ke asuransi mobil agar terhindar dari musibah yang bisa saja menimpamu kapanpun dan dimanapun.

  1. Cabut dan simpanlah kabel aki di tempat yang aman

Kabel aki yang terus terpasang dapat menyebabkan aki menjadi cepat rusak sehingga ketika Kamu menggunakan mobil tersebut sistem listriknya menjadi terganggu dan mobil tidak akan bisa dijalankan. Oleh karena itu, untuk menghindari kerusakan ini sebaiknya Kamu mencabut kabel aki mobilmu dan simpanlah di tempat yang aman. Selain itu cara ini juga akan mempersulit pencuri ketika ingin mencuri mobilmu.

  1. Gunakan benda batu bata untuk mengganjal ban mobil

Ketika memarkir mobil di dalam garasi, Kamu tidak disarankan menggunakan rem tangan untuk menahan mobil agar tidak bergerak karena hal ini akan menyebabkan tromol atau rem belakang menjadi lengket. Sebagai gantinya, gunakanlah batu bata ataupun balok kayu untuk mengganjalnya di roda depan dan roda belakang mobil. Dengan begitu mobilmu akan terhindar dari kemungkinan tergelincir sekaligus mendistribusikan beban roda yang ditahan menjadi merata.

 

  1. Cucilah dan panaskan mesin mobil sebelum berangkat

Sebelum pergi mudik, cucilah mobilmu. Hal ini perlu dilakukan untuk melindungi mobilmu dari karat, jamur, dan sebagainya. Namun setelah mencucinya dengan bersih, jangan lupa untuk memanaskan mesin mobil agar seluruh komponen di dalam mobil bisa terlumasi dan mengurangi tingkat kelembapan dalam mesin sebelum mobil beristirahat selama beberapa hari. Cara ini juga akan mengurangi resiko oli yang menjadi cepat busuk karena terkontaminasi dengan uap air dan udara yang ada di ruang mesin.

  1. Gunakan busa untuk mengganjal wiper

Wiper yang dibiarkan tetap menempel pada kaca kemungkinan akan mengeras, aus, atau getas terlebih jika udara dalam garasi menjadi panas. Wiper yang keras berpotensi menggores kaca mobil sehingga kondisi mobil menjadi tidak mulus lagi.

Lakukanlah kelima tahapan tersebut agar mobilmu tetap dalam keadaan yang baik meskipun ditinggal mudik ke kampung halaman selama sepekan. Jika kelima tahapan tersebut telah dilakukan, jangan lupa untuk mengunci mobil, pintu garasi, dan gerbang rumah dengan menggunakan kunci tambahan.  Untuk masalah asuransi mobil kamu tidak perlu khawatir, kamu bisa cek beragam asuransi mobil sekarang juga di broker asuransi online pertama Futuready dengan cara yang cepat dan mudah.