Gaya Hidup Lain Lain

Hindari Melakukan Hal Berikut di Kamar Mandi  

 

Baik di rumah, apartemen, hingga kantor sekalipun, area kamar mandi adalah tempat wajib yang harus diurus secara rutin. Kondisi ruangan yang lembab tentu membuat ruangan penting ini memerlukan perhatian khusus. Apalagi jika itu adalah toilet kamar mandi terbaru.

Saking khususnya, jika Anda salah sedikit, bisa berakibat buruk bagi keluarga. Maka ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan di kamar mandi saat kegiatan bersih-bersih berlangsung. Penasaran ada apa saja? Simak di bawah ini.

Membersihkan bagian yang kotor saja

Janganlah membersihkan hanya bagian yang kotor saja. Walau Anda memiliki peralatan shower kamar mandi terbaru yang terlihat masih bersih, tetap tidak boleh dilewatkan ketika pembersihan. Hal ini karena bakteri dan kuman lebih menyukai sudut yang sukar terjamah. Untuk bagian yang sulit ini, gunakan sikat gigi yang tidak terpakai lagi.

Menyimpan sikat toilet basah

Bakteri sangat suka berkembang biak di tempat yang lembab. Maka ubahlah kebiasaan Anda yang suka menyimpan sikat toilet dalam keadaan basah. Setelah digunakan, pastikan sikat toilet telah benar-benar kering sebelum kembali ke tempatnya. Sebaiknya rendam sikat toilet hingga ke gagangnya ke dalam air yang telah diberi cairan pembasmi kuman setidaknya satu kali sebulan.

Menggunakan satu produk untuk semua

Tiap produk pembersih diciptakan khusus untuk benda tertentu, bukan semua benda. Jadi misalnya Anda tidak bisa menggunakan cairan pel lantai untuk menyikat bagian dalam toilet. Ingat, semua ada peruntukkannya sendiri.

Pembersih yang mengandung racun

Larutan pembersih digunakan untuk membunuh kuman dan bakteri. Namun ternyata ada beberapa produk pembersih yang dilarang beredar di banyak negara dengan alasan kesehatan untuk manusia sendiri. Pembersih yang mengandung racun ini ternyata bisa menyebabkan kanker, kebutaan, dan lain-lain. Jadi sebaiknya beralihlah ke metode alami yang aman. Misalnya karbol dari bahan sereh, campuran baking soda dan lemon, dan lainnya.

Meletakkan sikat gigi dekat dengan kloset

Sebuah studi di Harvard University mengatakan bahwa setiap sekali flush, partikel aerosol dari toilet melayang sejauh enam kaki. Sudah terbayang virus apa yang menempel pada sikat gigi Anda jika hal itu tetap dilakukan?