Teknologi

Dampak Negatif Internet untuk Pendidikan Part 2

Google memberikan semua jawaban untuk pertanyaan yang kita berikan, tinggal ketik pertanyaan atau keyword yang ingin kita cari tahu hitungan detik jawaban akan keluar. Banyak orang yang terlena dengan google ini. Sehingga mereka asik sendiri dengan internet mereka. Berikut dampak negative dari internet :

1. Kekerasan

Kekerasan bisa terjadi karena saling sindir melalui social media atau melihat video dan game petarungan. Anak muda emosinya masih kurang stabil sehingga tidak bisa berpikir mana yang baik dan tidak. Hanya berawal dari sindiran di media social bisa menyebabkan tawuran dan perkelahian antar pelajar.

2. Malas belajar

Kecanduan internet membuat anak menjadi malas belajar dan melupakan kewajibannya. Akibat dari malas belajar prestasinya akan menurun. Internet membuat mereka asik browsing dan bermain game. Saat anak sudah kecanduan internet sudah sangat sulit untuk mengajak mereka melakukan kegiatan lain.

3. Anti Sosial

Anti social adalah perilaku acuh dan tidak perduli terhadap lingkungan sekitar. Kecanduan internet membuat anak menjadi tidak peduli terhadap lingkungan sekitar, mereka asik dengan kesibukannya di internet.

4. Kejahatan internet

Kejahatan di dunia maya banyak sekali bentuknya seperti penipuaan bahkan penculikan, Beberapa kasus orang diculik karena berkenalan di dunia maya.Sedang marak di Indonesia adalah Hoax atau berita palsu dimana berita tersebut dibuat untuk dengan tujuan provokatif.

Semua dampak negative tersebut bukan salah dari internetnya tetapi karena manusianya. Sebenarnya itu semua bisa di cegah asalakan kita sebagai orang tua memberikan pengawasan dan pelajaran khusus tentang internet. Orangtua boleh membelikan paket internet di rumah untuk kebutuhan pendidikan dan social anak. Orangtua juga bisa langganan home wifi dengan  paket internet dan tv kabel murah , agar anak betah dirumah sehingga kita bisa mengawasinnya .

Jangan melarang anak untuk menggunakan internet karena internet memberikan manfaat yang banyak untuk tumbuh kembang anak. Tetapi mulailah untuk meberikan peraturan penggunaan internet agar anak tahu batasan – batasan dalam penggunaan internet.