Kesehatan

Badan Lesu, Lemas dan Pucat? Mungkin Ini Penyebabnya!

Saat sakit, badan akan kehilangan energinya sehingga menjadi lemah atau cepat merasa lemas. Selain itu tubuh bisa pucat termasuk di bagian wajah. Tanda-tanda tersebut bisa menjadi tanda penyakit yang serius ataupun penyakit yang mudah disembuhkan. Beberapa jenis penyakit memiliki gejala dengan kondisi lemas, lelah, lesu dan pucat seperti pada kasus demam berdarah dimana pasien akan mengalami kekurangan trombosit. Selain itu gejala ini juga pas untuk kondisi anemia dimana tubuh mengalami kekurangan hemoglobin.

Penyakit demam berdarah menjadikan trombosit dalam darah mengalami penurunan yang drastis. Cara meningkatkan trombosit pada demam berdarah sendiri sebenarnya cukup beragam mulai dari transfusi darah hingga mengkonsumsi makanan dan obat herbal untuk meningkatkan kadar trombosit kembali. Sedangkan untuk keadaan anemia, pasien perlu mendapatkan suplemen zat besi yang nantinya akan berguna untuk pembentukan sel darah merah kembali. Jika kondisi pasien terlalu parah dan membutuhkan pengembalian kondisi tubuh dengan cepat, maka tindakan tranfusi darah perlu dilakukan.

Saat ini kedua jenis penyakit tersebut yaitu demam berdarah dan anemia akan lebih sering ditemukan. Penyebab demam berdarah yang adalah seekor nyamuk menyukai lingkungan kotor dan lembab dimana sekarang ini Indonesia berada dalam musim pancaroba yang membuat lingkungan lebih cocok untuk pertumbuhan nyamuk. Karenanya selain obat untuk mengatasi demam berdarah diperlukan, Anda sebagai tenaga kesehatan juga bisa mengajarkan dan menggalakkan tindakan pencegahan untuk mencegah kasus demam berdarah menjadi lebih banyak.

Lalu bagaimana dengan penyakit anemia? Jika Anda memiliki tanda-tanda tersebut di atas maka lakukan pengecekan di kelopak mata bawah. Jika berwarna pink pucat maka besar kemungkinan Anda terkena anemia yaitu volume darah yang kurang sehingga kadar hemoglobinnya juga berkurang. Untuk mengatasi anemia, suplemen zat besi memang bisa membantu dengan cepat. Kondisi anemia ini harus segera ditangani apalagi jika Anda sedang berada dalam kondisi hamil atau pada anak kecil yang sedang berada dalam masa pertumbuhan. Pentingnya zat besi untuk kehamilan dan mencegah anemia ini juga mendorong di produksinya suplemen zat besi khusus untuk ibu hamil dan menyusui.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *