Lain Lain

Apa Saja Seluk Beluk Investasi yang Harus Diketahui Seorang Pemula?

Image result for investasi

Setiap orang memiliki cara untuk mengolah uang yang dimilikinya. Namun, Anda tentu sepakat bahwa investasi merupakan salah satu cara bijak untuk mengolah keuangan. Investasi merupakan kegiatan dimana Anda mengeluarkan uang yang Anda miliki untuk kemudian diinvestasikan dan mendapatkan imbal hasil. Imbal hasil yang didapat, nantinya akan disesuaikan dengan skema investasi yang Anda jalani.

Meski investasi sudah umum dilakukan, tidak semua orang pernah melakukannya. Masih ada banyak orang yang belum berani melakukan investasi karena banyaknya berita buruk mengenai investasi. Untuk itu, berikut ini 3 seluk beluk investasi yang harus diketahui oleh seorang investor pemula.

Pilih investasi yang diawasi oleh lembaga resmi

Seorang investor pemula harus memilih dengan bijak skema investasi yang akan dijalaninya. Karena, Anda tentu tidak ingininvestasi yang Anda jalani berujung pada kerugian. Untuk menghindari risiko tersebut, maka Anda dapat mencari tahu legalitas dari investasi yang akan Anda jalani. Cara termudah untuk mencari tahu legalitasnya, Anda dapat memastikan bahwa investasi yang akan Anda ikuti terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan dan memiliki track record yang baik.

Risiko sebanding dengan Return

Sebagai seorang investor pemula yang belum pernah berinvestasi, Anda harus memahami betul konsep dasar dari investasi. Salah satu konsep dasar yang perlu Anda ketahui adalah hubungan antara return atau imbal hasil dengan risiko investasi. Ya, investasi tidak bisa dilepaskan dari risiko karena setiap investasi memiliki risiko yang mengurangi potensi keuntungan Anda. Pada dasarnya, investasi memiliki konsep high risk high return dimana semakin besar return yang dijanjikan maka akan semakin besar pula potensi risiko yang hadir. Untuk pemula, pilihlah investasi bagi pemula yang minim risiko seperti Mekar.

Waspada investasi bodong

Semakin banyak permintaan investasi di Indonesia, membuat semakin banyak pula pihak yang menciptakan suatu konsep investasi anyar. Meski terlihat menggiurkan dan meyakinkan, Anda harus memperhatikan betul skema investasi tersebut. Karena, ada banyak investasi bodong yang berkedok investasi namun berujung pada penipuan. Jadi sebagai investor pemula berhati-hatilah dalam memilih skema investasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *